Type something and hit enter

On



Dear all,
I am glad that I vote for change in GE14 and while I am not very  happy with PH’s performance thus far, but I feel grateful there is now a new beginning and a new hope.
https://klse.i3investor.com/blogs/Sslee_blog/155208.jsp
GE14: I HAVE A DREAM; Democracy, Liberty, Justice, Unity and Prosperity
While reading Mr. KCChong blog on the Eighth Wonder of the World - Compound Interest:
https://klse.i3investor.com/blogs/kcchongnz/205498.jsp
Compound interest is the eighth wonder of the world. He who understands it, earns it … he who doesn’t … pays it.” Albert Einstein
I recalled during company appreciation night in year 2014, I give a story telling speech with almost similar title: "Eight wonder of the world" to my people.
I would like to share this story telling (in Indonesia) with i3 community:
Pada suatu ketika, di Sebuah Sekolah International, seorang guru bertanya kepada murid-muridnya, “Sebutkan 7 keajaiban dunia” Maka banyak murid yang tunjuk tangan untuk memberikan jawaban. Diantara mereka menjawab :
  1. Tembok China (China)
  2. Petra (Yordania)
  3. Patung Kristus Penebus (Brasil)
  4. Machu Picchu (Peru)
  5. Chichen Itza (Mexico)
  6. Colosseum (Roma Italia)
  7. Taj Mahal (India)
  8. Piramid (Mesir)
  9. Angkor Wat (Kamboja)
  10. Patung Liberty (Amerika)
  11. Air terjun Victoria (Zambia / Zambabwi)
  12. Candi Borobudur (Indonesia)
Cuma ada satu murid yang berdiam diri dan tampak kebingungan. Maka guru tersebut pun bertanya pada murid itu, “ada masalah apa, nak?” Murid pun menjawab, “Saya bingung, saya sudah menuliskan 8 keajaiban tapi semuanya tidak sama dengan apa yang telah disebutkan murid lain” Guru pun berkata “tidak apa apa, silakan bacakan jawabanmu, nak”  Murid itu pun lalu membacakannya, “8 keajaiban ialah:
  1. To See / Melihat
  2. To Hear / Medengar
  3. To Smell /Mencium
  4. To Taste /Mencicipi
  5. To Touch and Feel / Menyentuh dan merasakan
  6. To Communicate/ komunikasi
  7. To Love / Menyayangi
  8. To Dream / Bermimpi
Semua murid terkagum dengan jawabannya, dan mulai berpikir dengan tenang, ya memang kalau kita tidak bisa:
  1. Melihat
  2. Mendengar,
  3. Mencium,
  4. Mencicipi,
  5. Menyentuh dan merasakan
Maka kita tidak akan mendapatkan apresiasi dari keindahan alam, kecantikan, keagungan seni, hasil kerja tangan, kerja keras warisan nenek moyang kita.
Bersyukurlah kita yang masih bisa melihat pemandangan indah, mendengar suara cicitan burung dan irama music merdu, mencium wewangian bunga bunga, mencicipi santapan yang enak dan lezat, menyentuh dan merasakan kehalusan/ kelembutan rambut dan tangan anak bayi kita.

6. To Communicate/Komunikasi.
Kebolehan manusia menguasai komunikasi telah menjadikan manusia bisa menjadi tuan rumah di bumi ini. Manusia berkomunikasi untuk tujuan
  • A.       Knowledge/ilmu
  • B.       Emotion/Emosi
  • C.      Get things done through people/ Melakukan kerja melalui orang
  • D.       Influence behavior change/ Mempengaruhi perubahan perilaku
A. Komunikasi secara tertulis, membuat ilmu menjadi abadi, dicatat, dikumpulkan dan dapat dipelajari, dikaji dan dikembangkan oleh generasi secara turun temurun, sehingga ilmu dapat berkembang dengan pesat. Hari ini mereka yang berilmulah yang akan dapat menguasai nasib mereka sendiri dan sukses dalam kehidupan mereka. Oleh karena itu, marilah kita pentingkan ilmu, marilah kita lebih rajin membaca, bertanya, berbicara, belajar dan buat catatan untuk meningkatkan ilmu, produktivitas dan kinerja kita.
B. Kita berkomunikasi untuk berbagi emosi dengan orang dekat kita. Apabila kita gembira, kita mau mereka merasakan kegembiraan kita. Bila kita patah hati/putus asa, kita mau mereka memberikan dukungan kepada kita. Bila kita hendak menangis, kita mau menangis di bahu mereka. Oleh itu marilah kita jangan simpan emosi dalam hati saja, belajarlah bagaimana kita bisa berkomunikasi secara emosi dan berbagi emosi kita secara positif dengan mereka yang dekat dengan kita.
Ingat: Kegembiraan yang kita bagikan akan menjadi kegembiraan yang berlipat ganda. Beban/kesulitan yang dibagikan akan menjadi beban/kesulitan yang lebih ringan dan bisa di atasi dengan lebih mudah.
C. Kita berkomunikasi sebab kita mau bekerja dijalan yang benar, tepat dan sesuai masa, baik individu maupun berkelompok. Maka itu kita mempunyai job scope, job responsibility, work plan, work instruction, SOP, training, operation manual, buku instruksi, work flow, struktur organisasi, supervisor dan lain lain supaya semua orang paham kerja mereka dan melakukan kerja degan benar, tepat dan sesuai masa. Apabila ada kesalahan dalam bekerja, kita akan mendapatkan teguran dan nasehat dari atasan, surat peringatan dan tindakan disiplin. Oleh itu marilah kita gunakan komunikasi antara atasan dengan bawahan/bawahan dengan atasan dan sesama kita secara baik, sopan dan saling memahami supaya kita bisa bekerjasama dalam melakukan pekerjaan sehari-hari dengan baik, teratur dan mempunyai semangat Kebersamaan Untuk Meningkatkan Produktivitas dan kinerja kita.
Ingat: Malu bertanya sesat dijalan, maka kalau kalian kurang paham instruksi kerja anda/instruksi atasan anda. Tanyakanlah, jangan diam saja, buat asumsi sendiri dan kerana salah asumsi kerjaan salah semua, dimarahi atasan, diberikan sanksi surat peringatan yang menyusahkan diri sendiri dan orang lain.
D. Kita berkomunikasi secara positif untuk memotivasi orang di sekeliling kita yang berperilaku buruk/negative seperti: malas, keras kepala, dengki, tidak bertanggung jawab, berbohong , mencuri, berjudi, merokok, narkoba korupsi dan lain lain dapat diubah menjadi perilaku positif: Rajin, ramah, rendah hati, bertanggung jawab, jujur , tulus, tidak mencuri,  tidak merokok, tidak korupsi, hidup sehat dan lain lain. Oleh itu marilah kita berkomunikasi positif dan menjadi Menara Terang bagi mereka yang tersesat untuk bisa kembali ke jalan benar. Dan menjadi Inspirasi/pendorong/pemicu bagi mereka yang putus asa/menyerah pada Hambatan/Tantangan/Rintangan/Kesulitan hidup, bisa bangkit kembali dan terus berjuang hingga dapat meraih kesuksesaan dan kebahagiaan hidup terbaik mereka.
Komunikasi (mempengaruhi perubahan perilaku) juga dapat di salah gunakan secara negatif untuk  menfitnah, menghasut, provokasi sehingga kebencian, anarkis, perang saudara, perang negara dan perang teroris seperti apa yang terjadi pada Hitler dalam Perang dunia kedua dan apa yang sedang terjadi dengan kumpulan ekstremis ISIS.
Kekuatan komunikasi itu memang dahsyat, dapat membina atau membinasakan. Oleh sebab itu marilah kita gunakan komunikasi kita secara positif untuk kesejahteraan jiwa kita, perusahaan kita dan Negara kita.

7. To Love/Menyayangi
Adalah kewajiban dan tanggung jawab kita untuk meyayangi  ibu-bapak, suami/ istri, anak dan saudara kita. Saya tidak segan dan ragu-ragu untuk menyatakan saya sayang kalian semua. Rasa sayang saya ini berasal dari hati peduli saya yang mau kalian dapat menggunakan bakat/potensi yang ada pada diri kalian untuk sukses dalam kehidupan kalian. Marilah kita  mempunyai hati peduli untuk sesama kita. Kalau kalian nampak rekan kerja yang berkelakuan salah (Tidur/malas/merokok/Narkoba/mencuri/berjudi/korupsi) nasehati dan tegur mereka supaya mereka bertobat. Kalau anda tutup mata kalian/tidak mau tau, maka kemungkinan besar rekan kerja kalian akan terus berkelakuan lebih buruk, akhirnya di pecat dan jika menyangkut kasus polisi akan berakhir di penjara dan hidup tersiksa, menderita dan menyesal. Tentu kalian tidak mau melihat rekan kerja anda tertimpa masalah hidup seperti begini. Maka itu pedulilah, nasehati, tegur dan marahi mereka jika mereka melakukan kesalahan. Di sini saya tegaskan bagi mereka yang tergoda untuk berjudi/merokok/narkoba/mencuri/korupsi saya katakan jangan.
Ingat: Ikut nafsu binasa. Ikut suka duka. Pikir dulu konsekuensi-nya jangan sampai menyesal dikemudian hari tidak berguna.

8. To Dream/ Mimpi
Karena adanya mimpi bahwa manusia bisa lebih cepat dari kuda, bisa terbang di langit dan ke luar angkasa maka terciptanya mobil, pesawat terbang dan pesawat angkasa.
Karena adanya seorang anak biasa di Solo berani bermimpi besar, bahwa suatu hari nanti akan menjadi Presiden. Maka hari ini kita mempunyai Presiden terpilih Indonesia Pak Jokowi.
Ciptaan penting dan pencapaian besar itu selalu berasal dari suatu mimpi, oleh itu marilah kita berani mimpi besar dan berusaha dengan sungguh-sungguh, tidak mengenal lelah, tidak mengenal susah, tidak mengenal putus asa, terus menerus bekerja keras dan setahap demi setahap menuju kepada apa yang  kita inginkan/mimpikan. Dalam perjalanan perjuangan, kita pasti bertemu dengan kegagalan. Kita jangan takut pada kegagalan. Jangan menyerah, tapi anggap kegagalan itu adalah kesuksesan yang tertunda. Belajar dari kegagalan, membuat perubahan dan terus menerus mencoba dan coba hingga sukses.
Ingat: Di dunia ini tidak ada kegagalan cuma ada mereka yang putus asa/menyerah dan berhenti mencoba.
Saya ingin mengakhiri cerita saya dengan pepatah dari mantan President  Amerika Serikat: The late John F Kennedy,“ Ask not what your country can do for you — ask what you can do for your country ” yang berarti jangan bertanya apa yang dapat dibuat Negara untuk anda, tetapi tanyalah apa yang anda perbuat untuk mensukseskan diri anda dan Negara anda.
Seperti Perpatah  Pantun:
  • Harap pagar menjaga padi.
  • Malang pagar makan padi.
  • Harap orang tak pasti jadi.
  • Harap sendiri bekerja bersama semua pasti jadi
Akhir kata, kita telah di anugrahi dengan 8 keajaiban untuk sukses dalam hidup kita. Oleh itu marilah kita menggunakan 8 keajaiban itu secara positif untuk memajukan kita sendiri, memajukan perusahaan kita, masyarakat  kita dan negara kita.
Terima kasih.

https://klse.i3investor.com/blogs/Sslee_blog/205989.jsp
Back to Top
Back to Top